Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RIYADHOH QOLBU



Salam Hangat
Hati merupakan raja dalam diri kita, dimana apabila hati kita tercampur berbagai macam kekotoran dan segala dosa, itu merupakan tempat bersarangnya syaitan yang terkutuk, semoga kita dilindungi oleh Allah SWT. Dari godaan dan tipu muslihatnya.
Ketahuliah, apabila hati kita telah dipenuhi oleh urusan duniawi, maka dengan mudah syaitan akan menguasai dan mengontrol kehidupan kita, oleh karena itu, kenali sejak dini kondisi hati kita, dalam proses mencapai kehidupan yang tentram, kita perlu mangadakan pelatihan bagi hati kita, bagaimana dia bisa menerima dan mensyukuri nikmat Ilahi.
Kehidupan yang damai merupakan impian setiap orang, namun alangkah menderitanya kita, apabila dalam hidup ini selalu diliputi oleh perasaan tidak tenang, dan alangkah ruginya kita selama hidup ini diperbudak oleh hawa nafsu yang tidak pernah kita didik, itu semua berwal dari hati.
Dengan terus-menerus memperbaiki hati, mendidiknya menjadi lebih baik, InsyaAllah kebaikan dan keberkhan hidup akan kita rasakan, segala anugrah Allah SWT. Akan kita syukuri, kata-kata mengeluh tidak terucap lagi, orang yang suka mengeluh adalah cerminan dari hati kita yang ingin menuntut kesempurnaan, apapun yang kita alami itu semua adalah kehendak-Nya, oleh karena itu maknailah segala persitiwa yang kita alami dengan penuh rasa syukur, jangan menganggap persitiwa yang membuat kita menderita sebagai sebuah keburukan, tetapi maknailah ia sebagai cara Allah SWT. Meningkatkan derajat kita, karena setiap peristiwa InsyaAllah ada hikamah yang terkandung di dalamnya.
Langkah-langkah mendidik hati:
Pertama amati setiap peristiwa yang kita alami, dengarkan bagaimana respon hati kita, apakah selalu mengeluh, iri, dengki terhadap kebaikan orang?
Kedua setelah kita mendengarkan dan mengamati dorongan dalam hati kita, renungkan, apa untunngnya kita berbuat dan berfikir seperti itu, toh segala sesuatu itu dating dari Allah SWT. Kenapa kita harus iri?
Ketiga, tegaskan pada diri kita sendiri, bahwa segala sesuatu milik Allah SWT. Dan kepada-Nyalah kita memohon, kita memohon ampun dengan segala perbuatan kita selama ini
Keempat, bersikap positif dengan segala sesuatu
Kelima, terus menerus melatih hati kita untuk bersyukur dengan berbagi seperti shadaqoh untuk membersihkan diri, dan bersikap positif dengan segala nikmat-Nya.
InsyaAllah apabila kita terus-menerus melatih hati untuk menjadi lebih baik, bagaimanapun kondisinya yakinlah pertolongan Allah SWT. Dan bimbingan-Nya akan selalu menyaertai kita.
Tetap semangat…!

1 comment for "RIYADHOH QOLBU"

  1. Setiap yang mengunginkan perubahan yang lebih baik, maka ia akan berusaha maksimal, karena kesuksesan ditentukan oleh sebesar apa usaha kita, didiklah hati kita supaya lebih tangguh

    ReplyDelete